News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Fenomena 2 Bulan Terjadi di Dubai Gempar, Apa Penyebabnya?

Fenomena 2 Bulan Terjadi di Dubai Gempar, Apa Penyebabnya?

loading...

fenomena-2-bulan-terjadi-di-dubai-gempar

WARGA Dubai digemparkan oleh kemunculan dua bulan di langit Al Qudra. Video berisi fenomena yang mengundang tanda tanya besar ini diunggah oleh akun @7amadQalam di Twitter. Nyatanya, kehadiran dua bulan di Dubai bukanlah hoax, tetapi tidak juga bisa dikatakan nyata.

Kini, misteri dibalik kemunculannya sudah terpecahkan. Dua benda langit yang tertangkap lensa kamera itu merupakan kampanye yang diselenggarakan oleh Kantor Media Pemerintah Uni Emirat Arab untuk merayakan pertemuan Hope Probe dengan Mars.

Bulan Mars, yakni Deimos dan Phobos, diproyeksikan di langit menggunakan teknologi terbaru yang belum pernah terlihat sebelumnya di UEA (Uni Emirat Arab). Untuk menghasilkan tampilan bulan yang realistis UEA menggunakan dua mesin derek raksasa berketinggian 100 meter dan layar canggih 40 meter. Keberadaan bulan-bulan itu pun dapat dilihat dari kejauhan.

Kampanye ini dilakukan untuk memberikan ilustrasi kepada penduduk UEA terhadap apa yang ditangkap oleh Hope Probe sejauh 500 mil. Kantor Media Pemerintah UEA juga mengatakan bahwa proyek ini bertujuan untuk mendorong kesadaran dan menciptakan kegembiraan seputar masuknya Hope Probe di atmosfer Mars. Ini merupakan tonggak sejarah UEA yang terjadi pada 9 Februari.

Baca Juga:Intip Pesona Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi Langkat, Bikin Adem!

“The Mars Mission adalah salah satu tantangan terbesar dalam sejarah negara serta inovasi paling berani yang dilakukan UEA, yaitu menaklukkan ruang angkasa. Jadi untuk menciptakan kesadaran akan fakta penting ini, tidak ada cara yang lebih baik dibanding membawa dua bulan Mars ke Bumi,” Kata Khaled AlShehhi, direktur eksekutif Sektor Produksi dan Komunikasi Digital di Kantor Media Pemerintah UEA, seperti yang dikutip Okezone dari laman Gulf News.

Pada 1877, Deimos dan Phobos ditemukan oleh astronom Amerika Asaph Hall. Namanya diambil dari nama putra Ares dari mitologi Yunani. Phobos melakukan perjalanan cepat dari barat ke timur dan melakukannya tiga kali dalam satu hari Mars.

Sementara Deimos melakukan perjalanan dari timur ke barat dan naik sekali pada sebagian besar hadi dan dua kali pada hari lainnya.

Satu hari di Mars sendiri setara dengan sekitar 24 jam, 39 menit, 35 detik di bumi. Sedangkan satu tahun mars setara dengan sekira 687 hari bumi.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.