Ini Beberapa Lembaga Survei Sebut Ganjar Capres Teratas, Akankah Ganjar Gantikan Jokowi pada 2024?:
Minggu, 25 Oktober 2020 18:02 WIB

Tribunnews/Irwan Rismawan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berpose usai wawancara khusus dengan Tribun Network di kantor Tribun Network, Jakarta Pusat, Rabu (12/8/2020). Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali di urutan teratas sebagai calon presiden (Capres) RI jika pemilu presiden dilakukan saat ini.

Terbaru hari ini, Minggu (25/10/2020), Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menyebut nama Ganjar di urutan teratas.

Dari 15 nama calon presiden yang diajukan kepada responden. Ganjar tetap paling atas mengalahkan capres kondang lainnya seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil.

Jika hasil surveinya konsisten, akankah Ganjar menggantikan Jokowi pada Pilpres 2024 mendatang?

Berikut lembaga survei yang sebut Ganjar teratas untuk capres saat ini :

1. Survei Indikator Politik Indonesia

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, dari survei yang dilakukan pada bulan-bulan sebelumnya hingga terakhir, Ganjar terus mengalami kenaikan keterpilihan dari responden.

Tercatat, pada Februari 2020 sebesar 9,1 persen. Pada Mei 2020 sebanyak 11,8 persen, dan Juli 2020 sebesar 16,2 persen.

"Kenaikan itu disokong dari Jawa Tengah dan Jawa Timur terjadi konsolidasi elektoral Ganjar, dan menguatnya basis PDI Perjuangan memilih Ganjar. Pemilih beretnis Jawa pun lebih memilih Ganjar," papar Burhanuddin saat merilis hasil survei Indikator secara online, Jakarta, Minggu (25/10/2020).

Baca juga: Survei Indikator: Ganjar Kalahkan Prabowo dan Anies Jika Pilpres Dilaksanakan Sekarang

Adapun 15 nama yang diajukan Indikator kepada responden dengan pertanyaan, "Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa gang akan bapak/ibu pilih sebegai presiden".