News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Jokowi Memegang Kartu Kabur Saat Demo

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Jokowi Memegang Kartu Kabur Saat Demo

loading...

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) memegang kartu kabur saat demo.

Foto Jokowi memegang kartu kabur saat demo diunggah akun Facebook Reyna Shasmeca, pada 24 Oktober 2020.

Foto yang diunggah menampilkan Jokowi sedang tertawa kemudian terlihat bagian tangan memegang kartu berwarna merah dan putih bertuliskan "KARTU KABUR SAAT DEMO".

Benarkah foto Jokowi memegang kartu kabur saat demo? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi memegang kartu kabur saat demo dengan dua tahap, tahap pertama pada bagian kartu dengan menggunakan Google Image.

 

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya artikel berjudul "Pertengahan Juni, Tarif KJS RS Swasta dan RS Pemerintahan Dibedakan" yang dimuat situs beritasatu.com, pada 28 Mei 2013. 

Artikel situs beritasatu.com memuat foto kartu yang identik dengan klaim foto Jokowi memegang kartu kabur saat demo, yaitu pada tanda tangan dan urutan keterangan identitas pada kartu. Namun, kartu tersebut bertuliskan "KARTU JAKARTA SEHAT" bukan "KARTU KABUR SAAT DEMO".

Penelusuran berikutnya dengan menjadikan bagian wajah Jokowi sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image. 

 

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya artikel berjudul "Presiden Jokowi Dibikin “Mumet” Soal Reshuffle" yang dimuat situs aktual.com, pada 3 Juli 2015. 

 Artikel situs aktual.com memuat foto yang identik dengan klaim, namun dalam foto tersebut Jokowi tidak memegang kartu bertuliskan "KARTU KABUR SAAT DEMO".

 

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Jokowi memegang kartu kabur saat demo tidak benar.

Foto Jokowi memegang kartu kabur saat demo merupakan hasil editan, dari dua foto yang berbeda digabung menjadi satu

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Attachments:

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.