BERITA TERHEBOH HARI INI Prabowo Keturunan Sunan Bonang - Top News Jawa Timur

Breaking

BERITA TERHEBOH HARI INI Prabowo Keturunan Sunan Bonang

BERITA TERHEBOH HARI INI Prabowo Keturunan Sunan Bonang
loading...

BERITA TERHEBOH HARI INI Prabowo Keturunan Sunan Bonang  Beberapa waktu lalu, saat kampanye Pilpres di awal Juli 2014, ada seseorang naik mimbar seraya menyebut silsilah Prabowo sebagai keturunan Sonan Bonang. Simak pengakuannya. Ini cerita menarik patut diketahui sahabat Jitunews. Terkait sosok Prabowo Subianto yang tengah jadi pembicaraan setelah dua kali mengadakan pertemuan pribadi dengan Presiden Jokowi di lokasi kuda latih di Bogor dan di Istana Presiden, Jakarta membahas pergolakan politik jelang Pilkada 2017.




Prabowo, saat ini, seperti ”juru damai” antara kubu pemerintah dengan kubu yang sepertinya berseberangan. Prabowo juga telah bersilaturahmi politik dengan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dari lobi politik Prabowo sebagian publik mengharapkan terjadi pertemuan silaturahmi politik antara Presiden Jokowi dengan SBY, agar mendinginkan suhu politik dan mengusir rumor yang belum tentu kebenarannya soal SBY dengan Jokowi.

Maka ucapan dan langkah-langkah Prabowo sedang dicermati media dan publik. Menariknya, ia tidak mengambil momentum ini untuk mencuri simpati publik dalam mengkampanyekan pasangan jagoannya untuk Pilkada DKI 2017 yaitu Anies Baswedan – Sandiaga Uno.


Tersirat, Prabowo justru ingin menunjukkan jiwa kenegarawanannya untuk mengedepankan penyelesaian yang jauh lebih besar dan penting, yaitu keutuhan NKRI dan kerukunan bangsa Indonesia.Makanya ia kini menjadi ”media darling” yang mencuri perhatian publik. Meski pun sebagian penilaian orang bernada miring soal asal muasal keluarga Prabowo. Namun banyak yang tidak tahu juga, bahwa pemilik nama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo ini keturunan ulama besar, Sunan Bonang. Begini ceritanya…

Pria kelahiran Jakarta, Rabu 17 Oktober 1951, berzodiac Libra ini sewaktu menggelar kampanye akbar Pilpres di kompleks GOR Satria, Purwokerto, Jawa Tengah, pada 2 Juli 2014, di hadapan ribuan pendukungnya dari petani (massa HKTI/Himpunan Kelompok Tani Indonesia), buruh, karyawan, pedagang karena ia Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional Indonesia dan para pesilat karena ia Ketua Asosiasi Pencak Silat Indonesia.

Lalu di acara kampanye akbar itu, Prabowo memperkenalkan para politikus, ulama kondang dan tokoh nasional yang hadir bergabung dalam koalisi Merah Putih. Hadir Letjen Suryo Prabowo yang dijuluki Prabowo sebagai jago perang dari Timor Timur, sesepuh PKS Hidayat Nur Wahid, pentolan angkatan muda PPP Romahurmuziy, Fuad Bawazier dan mantan Bupati Banyumas Marjoko.




Marjoko lalu naik ke mimbar, membuka kampanye dengan menjelaskan silsilah Prabowo Subianto yang masih memiliki darah Banyumas. Marjoko lalu bertutur soal silsilah Prabowo yang masih memiliki kekeluargaan dengan Sunan Bonang.

”Ini yang menuruni Pak Prabowo yaitu Adipati Banyumas Yudhonegoro kedua,” ucap Marjoko. Menurut Marjoko, garis keturunan Prabowo merupakan tokoh ulama yang menyebarkan Islam di Kasultanan Cirebon dan wilayah Purwokerto.

”Pada 13 Masehi Sunan Bonang mengutus putranya menyebarluaskan Islam di Cirebon. Islam berkembang, punya putra di bawah Kamandaka. Mendirikan pesantren di sini. Pindah ke Etan, mendirikan pesantren,” papar Marjoko, dengan meyakinkan hadirin.

Dalam berbagai biografi Prabowo Subianto, tidak pernah ada tertulis ia menceritakan silsilah sebagai keturunan Sunan Bonang. Banyak orang hanya mengetahui ia keturunan Tionghoa yang beragama Islam.




Penghobi kuda pacu ini adalah saudara kandung taipan Hashim Sujono Djojohadikusumo. Prabowo mantan Danjen Kopassus dan Panglima Kostrad ini tercatat pernah berjasa dalam sebuah operasi melawan Gerakan Papua Merdeka. Ia membebaskan 12 peneliti yang sedang melakukan ekspedisi, yang lima di antaranya adalah warga negara Indonesia. Ia lalu mengundurkan diri dari dinas militer tak lama Presiden lengser keprabon dan di masa pemerintahan Presiden BJ. Habibie.

Prabowo lalu menekuni bisnis keluarganya dan sempat hijrah ke Kota Amman, Yordania, Timur Tengah, beberapa tahun, lalu kembali ke Tanah Air mendirikan Parpol Gerindra. Pada pemilihan umum tahun 2009, ia dipilih sebagai wakil dari capres Megawati Soekarnoputri, namun kalah oleh SBY-Budiono.

Prabowo berasal dari keluarga ilmuwan. Kakeknya, Margono Djojohadikusumo, merupakan pendiri Bank Negara Indonesia, pemimpin pertama Dewan Pertimbangan Agung Sementara, dan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Ayahnya, Sumitro Djojohadikusumo, merupakan seorang begawan ekonomi yang dulu dipercaya Presiden Soeharto untuk menjadi Menteri Riset dan Teknologi.

Di antara bisnisnya, Prabowo memiliki sebuah bisnis bersama saudaranya di Mangkajang, Kalimantan Timur. Ia kini tercatat memimpin sekitar 27 perusahaan di Indonesia dan luar negeri. Perusahaan yang dipimpinnya meliputi Nusantara Energy (perusahaan minyak, gas alam dan batu bara), Tidar Kerinci Agung (minyak kelapa), dan Jaladri Nusantara (industri perikanan  Dalam pemilu tahun 2009, Prabowo tercatat sebagai calon presiden-wakil presiden terkaya yang memiliki nilai kekayaan hingga 1,5 triliun rupiah dan 7.5 milyar dollar Amerika.

Prabowo Subianto terpilih sebagai kandidat calon presiden pada pemilu 2014 dengan menggandeng Hatta Rajasa sebagai calon wakil presidennya. Pasangan ini akhirnya kalah menghadapi pasangan Jokowi-Jusuf Kalla pada 9 Juli 2014.

Tetapi sekarang, sang jenderal berwajah oval ini malah menjadi sahabat politik Jokowi. Sejak awal saat Prabowo menjadi Capres RI sudah sangat mafhum, bahwa jika terpilih menjadi presiden adalah bukan pilihan enak. Siapa pun yang dipilih memimpin republik ini niscaya bakal menghadapi tugas yang maha berat. Oleh karena itu, ia sekarang berempati pada Presiden Jokowi.




Dalam suatu acara debat capres di televisi, ada kejadian unik ketika Jokowi memaparkan sembilan program nawacita yang di antaranya menekankan pembangunan dari daerah perbatasan agar tidak dipunggungkan dan juga soal sapu bersih pungutan liar seketika itu Prabowo spontan menghampiri Jokowi sambil

Prabowo berucap, ”Nah, Pak Jokowi ini sahabat saya. Sama, satu pemikiran…” Penonton pun memberikan applaus tepuk tangan riuh atas adegan yang simpatik ini.

Dan akhirnya mereka memang bersahabat.
https://m.jitunews.com/read/48158/prabowo-keturunan-sunan-bonang

loading...
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact